Memulai kebaikan dengan berbagi

Bestarimandiri.id: Seorang muslim yang baik adalah ia yang meneladani sikap dan perilaku Rasulullah SAW. Salah satu perilaku yang harus diteladani adalah berbagi. Memulai kebaikan dengan berbagi dapat dilakukan setiap muslim manapun, berbagi dapat berupa apapun asalkan mempunyai manfaat untuk sesama. Terkadang masih ada seorang muslim yang ragu untuk berbuat baik karena merasa kebaikannya kurang bernilai. Namun, sebenarnya sebuah kebaikan itu tetaplah kebaikan jika kita meniatkan dengan ikhlas karena Allah SWT. 

Lantas bagaimanakah seorang muslim memulai kebaikan? Setiap muslim bisa memulai kebaikan dengan berbagi kepada sesama muslim yang membutuhkan. Sebagai contoh kita bisa berikhtiar berbagi kepada anak yatim dhuafa, sedekah di waktu subuh, sedekah di hari Jum'at dan berbagai bentuk berbagi yang lain. Dalam QS. Al-Isra' ayat 7 dijelaskan "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri dan jika berbuat jahat, maka (kejahatan) tersebut untuk dirimu sendiri". Kebaikan yang dijelaskan dalam ayat tersebut salah satunya adalah dengan berbagi, jika kita berbuat kebaikan dengan berbagi maka kita akan menuai nya di kemudian hari. Sebaliknya jika kita berbuat keburukan maka kita juga akan menuainya.

Sebagai seorang muslim kita juga harus selalu ingat kepada Allah SWT, bahwasannya yang menggerakkan hati kita untuk memulai kebaikan adalah Allah SWT. Berbagi kebaikan bisa kapanpun tanpa harus menunggu sukses, dalam keadaan susah kita juga bisa berbagi kebaikan. Justru ketaqwaan kita diuji ketika kita bisa berbagi dalam keadaan susah. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Ath-Thalaq ayat 2-3 "Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka ia akan menjadikan jalan keluar untuknya dan memberikan rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka". Dari ayat ini kita diajarkan untuk selalu bersyukur dan huznudzon kepada Allah SWT. Berbagi kebaikan dan rajin beribadah akan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta kita harus selalu ingat bahwa Allah akan memberikan rezeki dan jalan keluar bagi hambanya yang berjalan lurus sesuai perintahnya.

Sebarkan Kebaikan Anda