Menanamkan Sifat Patriotisme

Bestarimandiri.id - Di era reformasi sekarang ini generasi muda tumbuh dan berkembang dengan dukungan digitalisasi teknologi. Semakin maju sebuah negara karena era digitalisasi harus diimbangi dengan menanamkan sifat patriotisme pada generasi muda. Sebagai penerus bangsa dan negara generasi muda harus memiliki sifat patriotisme dalam jiwa mereka karena akan menjadi calon penerus dan pemimpin sebuah negara. Mengutip perkataan Bung Karno “Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia", generasi muda punya peranan penting dalam pembangunan bangsa.

Penanaman sifat patriotisme atau bela negara di era reformasi sekarang ini mungkin tidak seperti pada masa para pejuang kemerdekaan dulu. Bentuk bela negara di era reformasi saat ini dapat berupa menghargai perjuangan para pahlawan dengan cara menghormati mereka. Selain itu, sifat patriotisme dapat juga berupa menjaga kesatuan bangsa dan menjadi generasi muda yang berintelektual, berakhlaqul karimah, serta berprestasi untuk bangsa dan negara.

Sifat patriotisme dapat ditanamkan sejak dini ke anak melalui peran orangtua dan sekolah. Peran orangtua sangatlah penting terhadap pendidikan karakter anak, sehingga anak bisa menjadi pribadi yang baik. Sedangkan peran sekolah adalah menjadi wadah pendidikan untuk generasi muda belajar dan mengetahui sejarah kemerdekaan bangsa. 

Sebarkan Kebaikan Anda