Menjadi Orang Yang Bermanfaat Bagi Lingkungan

Bestarimandiri.id - Menjadi seorang muslim yang baik kita tidak perlu berupaya untuk menjadi seorang yang disegani atau dihormati. Tapi menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar itu adalah ciri seorang muslim yang baik. Memberi kebermanfaatan untuk orang lain di sekitar kita merupakan salah satu bentuk dari amal kebaikan. Seperti yang telah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW "Khairunnas Anfauhum Linnas", sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. 

Karakter yang harus dimiliki seorang muslim adalah menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan. Seorang muslim diperintahkan untuk memberi manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat atau memanfaatkan orang lain. Menjadi muslim yang bermanfaat bisa di lingkungan manapun, seperti lingkungan kerja ataupun lingkungan tempat tinggal. Contohnya sebagai seorang muslim di lingkungan kerja kita harus bisa bekerja sama dengan rekan dan saling membantu satu sama lain. Sebaliknya jika di lingkungan tempat tinggal kita bisa menjadi muslim yang bermanfaat dengan cara menyantuni anak yatim atau hal lain. Menjadi orang yang bermanfaat adalah implementasi konsep islam yang penuh dengan cinta, yaitu memberi. 

Kebermanfaatan sekecil apapun yang kita tebar kelak akan kembali kepada kita juga. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Isra ayat 7 "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri..." itu adalah janji Allah SWT. Untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan jangan mengharapkan pujian dari orang lain, melainkan niatkan itu semua karena Allah SWT. Karena segala sesuatu yang diniatkan karena Allah SWT InsyaAllah akan bernilai ibadah. Marilah kita sesama muslim saling mengingatkan agar bisa menjadi orang yang bermanfaat satu sama lain. 

Sebarkan Kebaikan Anda