Menjadikan Berbagi Sebagai Hobi

Bestarimandiri.id - Sifat dermawan adalah cerminan seorang muslim yang gemar bersedekah, berinfaq dan berbagi kebaikan kepada sesama. Sifat dermawan sudah diajarkan sejak masa Rasulullah SAW, sahabat yang dikenal dermawan ialah Abdurrahmad bin Auf. Berbuat kebaikan dengan bersedekah, berinfaq dan berbagi adalah bentuk amal jariyah. Sahabat Abdurrahman bin Auf menjadikan berbagi sebagai hobi untuk berbuat kebaikan di jalan Allah SWT. 

Dalam QS. Al-Lukman ayat 22 "Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan". Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa siapa saja yang berbuat kebaikan niscaya Allah SWT akan mempermudah segala urusannya. Sedekah, infaq dan berbagi termasuk dalam perbuatan yang baik. Berbagi bisa kepada siapa saja yang membutuhkan, kepada anak yatim dhuafa ataupun kepada keluarga sendiri. 

Khoirunnas Anfauhum Linnas "Sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberi manfaat untuk manusia yang lain". Sebagai umat muslim yang taat kepada Allah SWT kita wajib mentaati segala aturan dan menjauhi segala keburukan. Berbagi kepada sesama dapat memberikan maslahah kepada orang yang membutuhkan. Marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan seperti yang dijelaskan dalam QS Al-Baqarah ayat 148 "Fastabiqul Khairat".

Sebarkan Kebaikan Anda